Minggu, 01 Juli 2012

Contoh Naskah Pidato


DUNIA DALAM TEKNOLOGI


Assalamualaikum.Wr.Wb.
   Terima kasih pula saya sampaikan kepada Guru-guru dan teman-teman yang hadir di dalam acara ini, karena telah menyempatkan sedikit waktunya untuk bisa hadir dan mendengarkan sedikit dari pidato saya.
Pertama-tama, mari kita bersyukur atas apa yang telah tuhan berikan kepada kita. Baik dalam hal umur maupun rizki nya
   Seiring perkembangan zaman kita saat ini telah mencapai tahun 2012, dimana kita berada di zaman teknologi informasi yang serba canggih. kita dapat mengetahui berbagai macam informasi dengan hanya membuka internet, tidak perlu lagi jalan keluar menuju perpustakaan yang jauh di sana. Ataupun mengirim pesan singkat dengan sentuhan jari saja, dan kita bisa berbagi informasi sampai ke belahan dunia lain. Sungguh super sekali teknologi yang berkembang saat ini.
   Di belahan dunia lain di sana, tepatnya di jepang, ada mulai bermunculan teknologi yang mirip dengan manusia yang di namakan ROBOT atau Resident Official Board Of Technology. Dengan bangganya mereka bisa memamerkan robot keluaran pertama Honda yang bernama ‘Asimo’. Tidak kalah, di eropa ada muncul alat yang dapat kita bisa terbang. Bukan pesawat, melainkan “jetpack”. Alat ini memang masih di sempurnakan dan belim bisa di nikmati secara umum, tapi ini menunjukkan bahwa pemikiran kita tenntang teknologi itu benar-benar luas. Mungkin suatu hari nanti akan tercipta mesin-mesin yang dapat memproduksi produk sendiri, ataupun mobil yang tidak menggunakan roda, jadi ia terbang di awan. Itu semua mungkin terjadi bila kita mau berusaha untuk belajar.

   Di indonesia sendiri, memang sudah maju, tapi teknologi yang hadir di Negara ini, kebanyakan di gunakan untuk pamer, untuk bergaya bagi kalangan mudanya. Dan mungkin masih di salah gunakan dengan adanya survey bahwa 89 dari 100 orang lelaki, sering mengakses situs-situs dewasa lewat hp nya. Tapi yang tidak habis saya pikir, kenapa kok blackberry menjadi gadget terpopuler di indonesia? Padahal dengan aplikasi yang biasa. Fitur juga biasa, apa karena ada fitur bbm nya jadi masyarakat lebih memilih gadget ini ketimbang android?. Padahal di luar sana itu pengguna bbm hanya orang-orang dewasa seperti om-om atau bapak-bapak. Ya, tapi sudahlah, didi kempot mengatakan bahwa saat ini memang indoenisia ini edan. Mungkin kalau di film spongebob itu ada salah satu episodenya menceritakan adanya rekayasa tentang hari kebalikan, tapi menurut saya hari kebalikan itu benar terjadi di indonesia.

   Tapi memang hal semacam ini terjadi di indonesia bukan karena kebetulan. Tapi karena indonesia baru mengalami revolusi pada tahun 1998, jadi maklumi saja bila ada kecimbungan dalam hal-hal seperti tadi. Tapi saya bersyukur bahwa indonesia ini semakin maju dalam bidang teknologinya. Tidak hanya bisa menghack provider telekomunikasi tapi juga bisa memanfaatkan ilmu yang di dapat dari dunia maya ini. Seperti contoh, sekarang ini para murid smk yang ada di kota solo, sedang gencar-gencarnya merakit mobil sendiri yang bernama “esemka”. Mobil yang di buat oleh para teman kita di smk solo berhasil memuaskan hasratnya dalam menciptakan mobil yang kualitasnya tidak kalah saing dengan mobil keluaran luar negri. Dengar-dengar bahwa mobil yang di dukung pembuatanya oleh djoko widodo ini, sedang melakukan tes uji emisi dan kelayakan di Jakarta.Besar keinginan saya agar mereka bisa lulus uji tes nya dan menguasai pasar mobil local seperti proton buatan Malaysia. Dengan hanya bandrol sebesar 90jt-an mobil esemka ini belum sampai di produksi massal tapi, sudah di pesan oleh 6000 orang lebih. Tapi saya juga berharap ada penciptaan sendiri yang di lakukan oleh orang indonesia tentang bidang teknologi.

   Ada tiga nama yang membuat saya juga kagum akan orang indonesia yang bisa memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang ini. Mereka adalah Rini sugianto,Sindhamar bachtiar dan Eddy purnomo. Mereka bertiga adalah salahtiga dari berjuta orang di indonesia yang mungkin bisa mencapai karir tertingginya dalam hidupnya. Mereka bergabung di antara 80 orang lainya yang menjadi animator di film Hollywood yang berjudul “the adventure of tintin”. Film yang di sutradarai oleh steven spielberg ini laris di tangga box office U.K desember kemarin. Menurut mereka, jadi seorang animator itu tidak harus berpendidikan tinggi, karena umumnya orang lebih melihat karya seseorang daripada gelarnya.

   Berbicara tentang gelar, saya ingat 1 nama lagi yang mempunyai peran besar dalam mengubah dunia, namun sayang dia sudah meninggalkan kita lebih dahulu. Ya, dia adalah Steve Jobs. Pencetus teknologi yang bernama macintosh ini, mempunnyai peran besar dalam pembangunan perusahaan “apple”-nya. Alat yang paling canggih yang ia ciptakan saat ini dan masih tercanggih di dunia adalah i-phone. I-phone ini dengar-dengar hampir menjatuhkan karya bill gates dengan windowsnya. Meskipun windows akhirnya masih yang terkaya, tapi usung punya usung bahwa teknologi windows ini adalah hasil contekan dari program macintosh karya steve jobs. Padahal, steve jobs juga bukanlah orang terpandang di masanya. Dia juga punya cerita sedih di balik kesuksessanya itu. Sempat meninggalkan kuliahnya dari reed collage university karena tidak mempunyai biaya, dan berjalan sejauh 10km ke gereja hare khrisna hanya untuk makanan lezat di akhir pekan. Sebuah cerita miris yang membentengi mental-juara seseorang. Slogan yang terus saya ingat dari seorang steve jobs adalah ‘stay hungry and stay foolish’ . tetaplah lapar dan tetaplah bodoh. Karena 2 hal ini akan memacu hidup anda menjadi lebih baik dan di hiasi dengan pantang menyerah.

   Jadi, inilah sedikit tentang teknologi dunia. Masih banyak lagi yang mesti saya ungkapkan, tapi tidak sekarang. Karena mengagumi karya seseorang itu lebih asyik di banding hanya mengingat nama penciptanya. Teruslah berusaha, terus bekerja, ciantai pekerjaan anda. Waktu anda terbatas, jadi jangan sia siakan. Jangan terperangkap dengan dogma-atau hidup dengan hasil karya orang lain. Jangan biarkan suara pendapat orang lain menenggelamkan suara batin anda sendiri. Dan yang penting, miliki keberanian untuk mengikuti hati dan intuisi. Entah bagaimana, hati dan intuisi seaakan sudah tau apa yang anda benar-benar anda inginkan. Segala hal yang lain adalah sekunder.

   Bayangkan hidup ini adalah sebuah permainan dimana kamu sedang memainkan lima bola di udara. Bola-bola itu adalah keluarga, pekerjaan, kesehatan, teman dan semangat. Jagalah mereka tetap berada di udara. Dan anda akan segera paham bahwa perjaan itu bagaikan bola karet, bila anda menjatuhkanya maka bola itu akan memantul kembali. Tapi keempat bola lain, semangat, keluarga, kesehatan dan teman terbuat dari kaca!, maka janganlah sampai anda menjatuhkanya karena bisa membuat bola itu rusak,retak ataupun hancur. Mereka tidak akan pernah menjadi semuala layaknya bola karet. Anda harus memahami itu semua dan memperjuangkanya.
Wassalamualaikum Wr.Wb


by:shahrul.M 

Sumber : http://voolow.blogspot.com/2012/03/contoh-naskah-pidato.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar