Senin, 30 September 2013

Bunyi BIP Pada PC Notebook


BIOS adalah nyawa pertama PC anda atau system operasi hardware pertama anda yang terpasang pada mainboard yang berbentuk chip hitam dengan spesifikasi yang berbeda-beda pada setiap mainboard. Saat menghidupkan PC, BIOS akan melakukan POST (Power on Self Test) guna memastikan sistem berfungsi sebagaimana mestinya dan mencari informasi hardware apa saja yang terpadang pada PC anda. Saat ada salah satu hardware rusak atau bermasalah, maka BIOS akan memberitahukan melalu pesan langsung pada layar PC anda.

Pada beberapa kasus, masalah tersebut dapat dideteksi lebih awal sehingga bios tidak dapat mengakses video card dan tidak dapat menampilkan pesan kesalahan tersebut. Jika seperti ini yang terjadi, BIOS akan mengeluarkan bunyi "BIP" yang memiliki pola tertentu yang sesuai dengan kesalahan yang diidentifikasinya.  Jika saat prosedur POST belum selesai dan belum menampilkan apapun pada layar, inilah yang mungkin bermasalah dan bunyi "BIP" tersebut akan memandu kita untuk mengetahui kesalahan/kerusakan apa pada PC kita.

Kode "BIP" bios bergantung pada type dan bios yang anda miliki, yang paling populer adalah AMI dan Award BIOS. Sedikit pemaparan seputar bunyi "BIP" pada bios yang mungkin bermanfaat bagi anda.


AMI BIOS

>> bip 1x  Panjang <<
Kemungkinan RAM mati atau tidak terpasang dengan benar, silakan dicek posisinya

>> bip 2x <<
Kegagalan rangkaian parity. Pada saat data yang ditransmisikan dalam komputer biasanya ditambahkan parity bit yang berfunsi untuk mendeteksi error. Hal ini disebabkan adanya masalah pada memory atau mainboard.

>> bip 3x <<
Kegagalan base memory 64K, kegagalan ini biasanya disebabkan oleh slot memory yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak. Base memory 64K adalah 64KB memori yang pertama pada RAM

>> bip 4x <<
Kegagalan sistem timer, kemungkinan terdapat kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada mainboard.

>> bip 5x <<
Kegagalan processor, dapat disebabkan karena panas yang berlebih, atau processor tidak terpasang dengan benar.

>> bip 6x <<
Kegagalan keyboard controller/gate A20, keyboard controller adalah chip pada mainboard yang mengendalikan keyboard anda.

>> bip 7x <<
Kesalahan pembacaan processor, kemungkinan ada kerusakan pada processor.

>> bip 8x <<
Kesalahan baca/tulis pada memory display

>> bip 9x <<
Kerusakan BIOS

>> bip 10x <<
Kerusakan CMOS

>> bip 11x <<
Kerusakan cache memory

Itulah beberapa petunjuk seputar bunyi "bip" pada bios yang mungkin berguna bagi anda, khususnya yang memiliki pc dengan bios "AMI".

Dan jangan lupa kunjungi terus Bukan CS Biasa untuk mendapatkan info-info menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar