Kamis, 26 September 2013

OS Symbian beberapa versi dan 5 kelebihan Symbian 3



Persaingan vendor tak hanya melalui ponsel dan Tablet, Sistem Operasi kian banyak di pamerkan oleh vendor. Android, BlackBerry, iOS, Bada, Windows yang banyak mendominasi pasar tidak membuat Nokia menyerah begitu saja dengan hanya menggandeng Symbian. Buktinya, Nokia justru semakin optimis membuat smartphone dengan Symbian OS terbaru dengan versi yang baru.

Symbian^1 (Symbian S60 5th Edition)

Adalah yang pertama diluncurkan oleh Nokia yang mampu berjalan pada ponsel berlayar sentuh. Sebut saja Nokia 5800 XpressMusic yang merupakan ponsel Nokia pertama yang mengusung OS Symbian S60 5th Edition. Kini, sudah banyak perangkat Nokia yang menjalankan Symbian pangkat 1 tersebut yakni
- Nokia 5530
- Nokia 5230
- Nokia 5233
- Nokia 5235
- Nokia C6
- Nokia X6
- Nokia C5-03
- Nokia N97
- Nokia N97 Mini
- Sony Ericsson Vivaz
- Sony Ericsson Vivaz Pro
- Sony Ericsson Satio

Symbian^3
Nokia berencana membuat dan mengupdate OS Symbian versi teranyar yakni Symbian pangkat 3. Untuk saat ini hanya ada beberapa ponsel Nokia yang menjalankan Sistem Operasi Symbian^3.
Di antaranya adalah:
- Nokia C6-01
- Nokia C7
- Nokia E6
- Nokia E7
- Nokia N8
- Nokia X7

Dan ponsel pertama yang termasuk Symbian^3 adalah Nokia N8. Ponsel Kamera 12MP ini yang disebut-sebut sebagai daya pikat para konsumen. Ya, karena Kameranya sudah berada di level 12 Megapixel, rasanya konsumen (terutama fotographer) pasti tertarik dengan N8. Lalu, terdapat 2 smartphone Nokia Symbian Anna yakni Nokia E6 dan Nokia X7.

Masing-masing ponsel tersebut mendapatkan gelar tersendiri.
Nokia E6 adalah ponsel Dual-Input pertama dari Nokia juga merupakan Ponsel seri E pertama yang mengusung Dual-Input. Di anggap pula sebagai ponsel Symbian Anna pertama di dunia.
Jadi, jelasnya adalah Nokia E6 merupakan ponsel seri E dengan Dual-Input ber Sistem Operasi Symbian Anna dari Nokia yang pertama di dunia.

Nokia X7, selain dikenal sebagai ponsel musik pertama yang menjalankan OS Symbian Anna (Symbian^3 Update), juga merupakan seri X pertama yang juga menjalankan OS serupa.

Adapun kelebihan-kelebihan yang ditawarkan pada OS Symbian^3:

1. Multitasking

Fitur ini sangat penting di karenakan mampu menjalankan beberapa aplikasi bersamaan tanpa harus menutup aplikasi untuk membuka aplikasi lain. Yang jelas, dengan adanya multitasking akan dapat memudahkan Anda dalam membuka aplikasi sekaligus dan itu tidak merepotkan penggunanya.

2. Kostumisasi

Sudah bukan jamannya lagi sebuah layar utama tidak bisa di kostumisasi layaknya smartphone Android yang belakangan ini booming di pasaran. Nokia pun tak mau kalah dengan OS buatan Mbah Google. Adanya fitur Kostumisasi membuat Anda dapat menempatkan aplikasi dan shortcut yang di inginkan ke layar utama pada ponsel.

3. Ovi Apps Store

Tak hanya BlackBerry saja yang punya aplikasi Market yakni App World, Android dengan Android Market dan iOS dengan Apps Store. Nokia juga punya Aplikasi pasar yakni Ovi Apps Store tentu dapat memudahkan Anda mencari dan mendowload aplikasi yang Anda inginkan.

4. Widget

Widget pun mampu tampil di Homescreen dengan baik pada ponsel. Seperti pada Android, widget-widget (seperti Email, FM Radio, Music Player, Notifikasi, Jam dan Jejaring Sosial) dapat dikostumisasi dan di sesuaikan pada layar.

5. USB On-The-Go

Selain kartu MicroSD, sebuah ponsel yang mendukung fitur ini sudah dapat menambahkan kapasitas memori penyimpanan yang dihubungkan lewat USB OTG.

Adapun Kekurangan yang di miliki OS Symbian^3 yang akan saya bahas pada artikel berikutnya. Yang mana kekurangan-kekurangan tersebut yang membuat Symbian^3 kurang diminati.

SUMBER: Tabloid PULSA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar