Sabtu, 26 Oktober 2013

2 CARA MEMASUKKAN VIDEO YOUTUBE KE POSTING BLOG


Memasukkan video youtube ke posting blog menjadi salah satu cara posting yang menarik. Selain tulisan dan gambar, posting video juga menambah minat bagi pengunjung blog. Apalagi jika blog kita membahas tentang tutorial, membahas sinopsis film, musik dan sebagainya yang membutuhkan dukungan video. Dalam memasukkan video ini, kita tidak perlu mengupload atau mengunggah video yang memakan waktu lama apalagi dengan video size yang besar.

Untuk memasukkan video youtube ke posting blog, kita akan menggunakan dua cara yang berbeda. Pertama kita langsung mengambil kode script iframe dari video youtube yang kemudian dimasukkan ke dalam posting (html), dan yang kedua kita menggunakan menu Insert Video yang telah disediakan dalam tab menu Entri Baru. Berikut langkah-langkahnya :

MEMASUKKAN VIDEO YOUTUBE DENGAN IFRAME / MENGGUNAKAN KODE SCRIPT


1. Buatlah posting baru, kemudian buka juga dalam tab baru situs Youtube dan cari video apa yang ingin dimasukkan ke dalam Posting Blog. Sebagai contoh saya ingin memasukkan video Canon Rock Screamo Cover.

2. Saya menggunakan Youtube berbahasa Indonesia. Pada menu dibawah video klik BAGI - SEMATKAN. Maka akan terlihat kode iframe. Kode inilah yang nantinya akan kita copy kedalam posting blog. Kita juga bisa mengubah sesuaikan ukuran videonya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :


3. COPY Kode tersebut kedalam POSTING. Pastikan menggunakan metode HTML saat copy paste kode, bukan metode COMPOSE. Untuk memberi rata tengah pada video tambahkan kode <center></center> maka akan seperti ini :

<center><iframe width="420" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/EkhGrlXWZQk" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></center>

4. Jika sudah selesai klik PUBLIKASIKAN. Maka hasilnya akan seperti ini, tekan tombol PLAY untuk memainkan videonya :


MEMASUKKAN VIDEO YOUTUBE DENGAN MENGGUNAKAN MENU INSERT VIDEO

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan menu Insert Video yang ada pada menu ENTRY, seperti pada gambar dibawah ini (pada kotak merah):




1. Buat posting baru kemudian Klik INSERT A VIDEO

2. Akan ada 2 pilihan FROM YOUTUBE dan MY YOUTUBE VIDEO. Jika Anda memilih FROM YOUTUBE carilah url video dalam youtube dan masukkan disana. Namun jika Anda memilih MY YOUTUBE VIDEO, Anda tinggal memilih video milik Anda sendiri yang pernah di upload di Youtube.

3. Klik PILIH dan PUBLIKASIKAN. Maka hasilnya akan seperti pada video dibawah ini :


Demikianlah artikel 2 cara memasukkan video youtube ke posting blog baik menggunakan iframe maupun menggunakan menu Insert Video. 2 Cara diatas hasilnya sama saja, tergantung kita memilih cara mana yang dinilai lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar