Rabu, 23 Oktober 2013

PERBEDAAN TOYOTA AGYA DAN DAIHATSU AYLA


Astra Daihatsu Ayla

       Mobil kembar non identik yang tengah jadi buah bibir di ranah otomotif nasional yakni Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya memang fenomenal. Ditengah kefenomenalannya dan isu regulasi LCGC yang tak kunjung keluar kita bisa melihat lebih detil perbedaan yang ada pada kedua calon (dumot sebut calon karena memang belum dikasih label murah) mobil murah Astra ini. 
 Astra Toyota Agya

       Perbedaan antara Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya ada beberapa. Pertama, paling mencolok adalah desain bagian muka. Ya, anda tentu sudah lihat. Tak seperti Xenia dan Avanza yang identik, calon mobil murah ini beda pada bagian grill, bemper depan dan rumah fog lamp. Pada Toyota Agya grill mengadopsi seperti milik kembar Avanza-Xenia (model smile) sementara Daihatsu Ayla menerapkan grill besar dari ujung kap mesin hingga bemper bawah yang di split semacam plastik berwarna hitam. Grill tersebut berbentuk hexagonal mirip punya model2 mobil Hyundai saat ini. Sedang rumah fog lamp pada Toyota Agya berbentuk segitiga, Daihatsu Ayla memilih bentuk bulat (elips). Namun bentuk lampu utama maupun fog lamp keduanya tetap sama.
 Beda pada facia depan

         Masih pada area depan, logo Daihatsu Ayla berbentuk menyerupai huruf A berdesain tajam dengan bingkai elips. Sedang logo Toyota Agya berdesain burung garuda berbingkai elips. Pindah ke bagian buritan anda juga akan melihat perbedaanya. Toyota Agya menempelkan logo "Astra Toyota" pada bagian sisi kiri mobil sedang Daihatsu Ayla mengkaryakan logo "Astra Daihatsu". Hal itu ternyata bukannya alasan. 
       Mengenai beda desain menurut Mark Widjaja, sang perancang, "Karena Toyota dan Daihatsu sekarang memiliki Corporate Identity masing-masing. Agar masing-masing memiliki ciri masing-masing. Supaya dari jauh bisa ketahuan mana yang Toyota dan mana yang Daihatsu. Dan ini berbeda dengan Xenia dan Avanza." Sedang tentang nama dan penerapan logo yang berbau Indonesia menurut Presdir PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR, ""Kita dibisikkan katanya LCGC itu harus betul-betul (bukan menjadi kendaraan murah), di mana kandungannya harus bagus, bagasinya luas, dan namanya juga harus lokal. Selain itu kan yang mendesain Daihatsu Motor, padahal waktu itu Daihatsu dari berbagai negara seperti yang berada Prancis dan Italia juga mengajukan. Tapi ternyata kita (Astra Daihatsu Motor) yang dipilih," ungkapnya. 
        Dilain sisi perbedaan pada bagian interior Toyota Agya dan interior Daihtasu Ayla tentunya juga ada namun hal ini belum jelas. Hanya dikabarkan bahwa pada versi termurahnya (Daihatsu Ayla) kursi belakng tak ada headrest. 





Courtsey images:
- dapurpacu.com
- auto.okezone.com
- otomotif.kompas.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar