Sabtu, 07 Desember 2013

Mutiara Hadits Manusia tak Berdaya dan Allah Yang Maha Kuasa


MUTIARA HADITS
            Dari Abu Dzar Al Ghifari Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam mengenai hal hal yang diriwayatkan oleh Nabi dari Allah SWT ‘Azza wa Jalla, bahwa Allah SWT berfirman:”Wahai hamba-Ku sesungguhnya Aku mengharamkan kezaliman terhadap diri-Ku, dan Aku menjadikan haram buat kamu melakukan kezaliman, karena itu janganlah kamu saling menzalimi”.
            “Wahai hambaku, setiap kamu adalah sesat, kecuali orang yang telah Aku beri petunjuk.Karena itu, mintalah kamu petunjuk kapada-Ku, maka Aku akan memberi petunjuk kepadamu.”
            “Wahai hamba-Ku, kamu sekalian itu orang yang lapar, kecuali orang yang Aku beri makan.Karena itu mintalah kamu makan kepada-Ku, maka akan Aku beri makan kepadamu”.
Wahai hamba-Ku, kamu sekalian itu orang yang telanjang, kecuali orang yang telah Aku beri pakaian, Karena itu, mintalah kamu pakaian kepada-Ku, maka Aku akan memberi pakaian kepadamu”
“Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu sekalian adalah orang yang membuat kesalahan, diwaktu siang dan malam.Sedangkan Aku adalah mengampuni segala dosa, semuanya.Karena itu, mintalah kamu ampunan keada-Ku, maka aku akan mengampuni kamu”.
            “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu sekalian tidak akan sampai untuk membuat madharrat kepada-Ku, maka dari itu mintalah kemandharratan kepada-Ku.Dan kalian tidak akan sampai untuk memberi manfaat kepada-Ku, untuk itu mintalah kemanfaatan kepada-Ku.”
“Wahai hamba-Ku, kalau sekiranya orang pertama sampai terakhir, baik manusia maupun bangsa jin berada dalam hati seseorang yang paling bertaqwa diantara kalian, yang demikian itu tidak akan dapat menambah nilai sama sekali dalam kerajaan-Ku.
“Wahai hamba-Ku, kalau sekiranya orang pertama sampai terakhir, baik manusia maupun bangsa jin berada dalam satu tempat, lalu meminta kepada-Ku, kemudian aku memberi kepada masing masing yang sesuai permintaanya, maka yang demikian itu tidak akan mengurangi sedikitpun apa yang ada pada-Ku, melainkan seperti tetesan jarum bila dimasukkan ke dalam lautan.
“Wahai hamba-Ku, sesungguhnya hanya amal perbuatan kamu-lah yang akan Aku perhitungkan, kemudian Aku akan memberikannya untukmu. Barangsiapa menemukan kebaikan, hendaklah ia memuji kepada Allah SWT. Tapi, barangsiapa yang menemukan tidak seperti itu, maka janganlah ia mencela kecuali kepada diri sendiri”
Hadits riwayat Muslim (hds no. 2577)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar