Minggu, 26 Januari 2014

Pengertian Dan Fungsi Monitor


Monitor

Apabila kita mempunyai perangkat elektronik seperti komputer, laptop, netbook, ultrabook, dan lain sebagainya, pasti akan menjumpai yang namanya monitor. Ya, monitor ini merupakan suatu perangkat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari komputer atau jenis laptop lainnya. Bagaimana tidak, coba bayangkan jika komputer atau laptop kita tidak ada monitornya, apakah bisa beroperasi? Tidak, bukan? Maka dari itu, bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam lagi mengenai pengertian dan fungsi monitor, lebih baiknya membaca ulasan yang berikut ini.

Pengertian Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat elektronik yang termasuk dalam output device komputer/laptop. Peran monitor itu sendiri adalah sebagai output data tampilan grafis dari sebuah komputer ataupun laptop. Monitor disebut juga sebagai layar tampilan komputer. Oleh sebab itu, keberadaan monitor ini tentu saja sangat penting dan tidak tergantikan.

Fungsi Monitor
Pada dasarnya, fungsi monitor adalah untuk menampilkan data-data berupa grafis tampilan dari prosesor untuk ditampilkan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikannya. Kualitas tampilan yang diberikan oleh perangkat monitor dipengaruhi oleh besar kecilnya resolusi pada monitor. Selain itu, jenis dari monitor itu sendiri juga dapat dijadikan faktor baik buruknya kualitas tampilan. Saat ini, layar monitor yang paling populer adalah layar monitor berlabel CRT dan layar monitor berlabel LCD. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Apabila CRT harganya lebih murah namun kualitasnya lebih rendah. Sebaliknya, layar monitor LCD mempunyai kualitas tampilan yang sangat bagus. Akan tetapi harga yang dibanderol untuk monitor LCD sangatlah mahal.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai pengertian dan fungsi monitor. Tadi sudah kita bahas mulai dari kronologis, pemahaman, pengertian, dan juga kegunaan yang ada pada monitor. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar